Senin, 23 April 2012

CARA MENUMBUHKAN RASA INGIN TAHU.

     Pada dasarnya manusia mempunyai rasa ingin tahu, namun tidak semua orang merasa ingin tahu, menurut saya itu disebabkan karena orang itu merasa sudah tau, tidak menarik, kurang penting, atau mungkin juga tidak paham.
      Dan bagaimana cara untuk menumbuhkan rasa ingin tahu itu ?
     Menurut pendapat saya untuk menumbuhkan rasa ingin tahu itu bisa dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya :
1 Pertanyaan.
2 Menunjukkan bahwa pengetahuan itu menarik dan penting.
@) Dengan pertanyaan.
     Teman-teman mungkin selama ini berfkir bahwa fungsi dari pertanyaan adalah untuk menguji pengetahuan seseorang, namun pertanyaan juga bisa memancing rasa ingin tahu bagi orang-orang yang merasa dirinya sudah tahu dan orang-orang yang tidak paham.
     Orang yang merasa sudah tau atau kalo anak mudah bilang orang sok tau,dia merasa bahwa dirinya sudah tahu ketika seseorang mau menyampaikan sebuah informasi, sehingga dia akan merasa malas untuk menyimak orang yang sedang menyampaikan informasi itu, dampaknya dia tidak akan paham, dan tentunya karena dia merasa sudah tahu maka dia juga tidak mau bertanya, maka untuk menumbuhkan rasa ingin tahu itu kita bisa menggunakan pertanyaan. Ketika orang yang sok tahu diberi pertanyaan dan dia tidak bisa menjawabnya, maka secara otomatis orang itu jadi ingin tahu tentang informasi yang ditanyakan.
     Dan orang-orang yang tidak paham juga tidak ada rasa ingin tahu, karena rasa ingin tahu timbul dari sebuah pemahaman yang kurang sempurna. ketika seseorang tidak paham dengan informasi yang diberikan orang lain, dia juga tidak akan bertanya untuk sebuah pemahaman, sedangkan ciri dari rasa ingin tahu itu ditunjukkan oleh sebuah pertanyaan, maka untuk menuntun atau menumbuhkan ingin tahu pada dirinya bisa dituntun dengan pertanyaan-pertanyaan.
@) Menunjukkan bahwa pengetahuan itu menarik dan penting.
     Manusia pada umumnya lebih menyukai hal-hal yang menarik dan lebih mengutamakan sesuatu yang dianggap penting. Begitu juga dalam pengetahuan, orang yang kurang tertarik pada pengetahuan akan cenderung merasa tidak ingin tahu atau paham, dan orang yang berfikir pengetahuan itu tidak penting dia akan mengabaikan pengetahuan itu.
      Maka, menurut saya cara untuk menumbuhkan rasa ingin tahu pada orang-orang ini dengan cara menunjukkan pada mereka bahwa pengetahuan itu menarik dan sangatlah penting. Ketika mereka merasa tertarik pada pengetahuan dan menganggap pengetahuan itu penting, maka dengan sendirinya timbul rasa igin tahu pada dirinya.

sekian tulisan yang bisa saya persembahkan buat teman-teman, apa bila ada yang perlu di perbaiki menurut teman-teman, atau ada yag perlu ditambahkan, saya mengharap kritik dan saran dari teman-teman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

saya mengharap saran dan kritik pembaca serta masukan buat teman-teman khususnya saya pribadi